h1

Recommended Gan. Sampaikan SPT via E-filing website www.pajak.go.id.

Maret 13, 2012

Ini yang saya janjikan di tulisan sebelumnya. Sedikit terlambat. tapi mudah2an tetap bermanfaat buat rekan2. Tahun 2012 ini DJP meluncurkan inovasi terbaru dan saya yakin sangat bermanfaat buat agan2 semua. Yup, awal tahun 2012, wajib pajak dapat menyampaikan SPT online dengan memanfaatkan aplikasi e-filing di website pajak (www.pajak.go.id).

Banyak kelebihan yang diberikan oleh aplikasi e-filing yaitu :

1. Penyampaian SPT dapat dilakukan  cepat, aman, dan kapan saja (24/7).

2. Murah, tidak dikenakan biaya pada saat pelaporan SPT.

3. Penghitungan dilakukan secara tepat karena menggunakan sistem komputer.

4. Kemudahan dalam mengisi SPT karena pengisian SPT dalam bentuk wizard.

5. Data yang disampaikan WP selalu lengkap karena ada validasi pengisian SPT.

6. Ramah lingkungan dengan mengurangi penggunaan kertas.

7. Dokumen pelengkap (Fotokopi Formulir 1721 A1/A2 atau bukti potong PPh, SSP Lembar ke-3 PPh Pasal 29, Surat Kuasa Khusus, Perhitungan PPh terutang bagi Wajib Pajak Kawin Pisah Harta dan/atau Mempunyai NPWP Sendiri, Fotokopi Bukti Pembayaran Zakat) tidak perlu dikirim lagi kecuali diminta oleh KPP melalui Account Representative (AR).

Banyak bukan manfaatnya….

Setelah mengetahui manfaatnya, pertanyaan selanjutnya tentunya bagaimanakah cara penggunaan aplikasi e-filing ini ?

Jawabnya adalah cukup dengan 3 (tiga) langkah. Secara lengkap dapat dilihat di tautan ini. Namun demikian, berikut saya sampaikan langkah2 dengan dilengkapi gambar dari langkah2 tersebut :

1. Mengajukan permohonan e-FIN

  • Electronic Filing Identification Number yang selanjutnya disebut e-FIN adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Kantor Pelayanan Pajak kepada Wajib Pajak yang mengajukan permohonan untuk melaksanakan e-Filing. e-FIN diterbitkan berdasarkan  NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) yang kita miliki dan bisa dikatakan e-FIN menjadi identitas pengganti NPWP kita.
  • Ada 2 cara mendapatkan e-FIN yaitu dengan datang ke KPP terdekat dengan membawa kartu NPWP dan identitas diri atau dengan melalui aplikasi e-filing ini.
Permohonan e-FIN 
  • Untuk permohonan efiling caranya adalah klik menu permohonan e-FIN pada aplikasi e-filing tersebut. Pada halaman tersebut kita masukkan NPWP dan Tanggal Terdaftar (serta mengisi Captcha untuk validasi), dan selanjutnya klik  Submit. *NPWP dan Tanggal Terdaftar dapat kita temukan di Kartu NPWP kita.  Setelah Submit,  permohonan e-FIN kita akan diproses dan kita akan menerima e-FIN di alamat sesuai dengan alamat yang ada di database DJP sesuai yang pernah kita laporkan.
  • Catatan : jangka waktu penerimaan e-FIN tergantung jangka waktu pengiriman oleh POS/jasa pengiriman lainnya. Pengalaman saya 3 hari kerja sudah saya terima kiriman e-FIN dari KPP. Apabila belum juga datang, ada baiknya konfirmasi dengan datang langsung ke KPP terdekat.

2. Melakukan Pendaftaran e-Filing

  • Setelah kita mendapatkan e-FIN  langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah melakukan pendaftaran e-Filing melalui tautan ini.
Pendaftaran e-FIN
  • Pada langkah ini kita mengisi  isian sesuai gambar di atas. Kita mengisi NPWP dan e-FIN untuk divalidasi kembali. Kita juga mengisi nomor ponsel, Email. Kedua hal ini sangat penting sebagai sarana korespondensi seperti untuk menerima informasi mengenai e-Filing dan juga untuk mengaktifkan account e-Filing kita. Tips dari saya untuk alamat email usahakan menggunakan email yang bukan email perusahaan/instansi karena ada kemungkinan dianggap spam dan terikat kebijakan email dari internal perusahaan/instansi tersebut. Alamat email ini nantinya juga digunakan sebagai username saat mengakses aplikasi e-filing.
  • Untuk pertanyaan keamanan dan jawaban digunakan sebagai alat kontrol apabila kita mengalami lupa password. Hal ini biasa kita temui saat kita membuat email.
  • Kemudian kita juga mengisikan password e-filing. Silahkan pilih password, dan password ini akan digunakan untuk mengakses aplikasi aplikasi e-filing. Apabila telah mengisi semua isian dengan benar, kita klik Submit.  Bila semua isian sudah kita isi dengan benar, klik tombol Submit untuk mengajukan pendaftaran e-Filing.
email pemberitahuan
  • Beberapa saat kemudian, kita akan menerima pemberitahuan via email kita bahwa kita telah terdaftar dan diminta melakukan pengaktifan melalui link Aktivasi Akun. Tips : Perlu diperhatikan bahwa bila email tersebut tidak kunjung masuk ke dalam Inbox kita, ada kemungkinan email tersebut masuk ke dalam Spam. Kita klik terlebih dahulu link tersebut dan beberapa saat akan muncul gambar di bawah ini.

3. Mengisi dan Menyampaikan SPT

  • Setelah pendaftaran berhasil dilakukan dan akun sudah diaktifkan, inilah saatnya kita bisa mengisi dan menyampaikan SPT.  Caranya dengan klik Penyampaian SPT. Di dalam halaman tersebut akan muncul gambar dibawah ini.
Login Aplikasi e-Filing
  • Pada halaman login di atas masukkan e-mail dan password sesuai yang Anda masukkan pada tahapan 2 sebelumnya. Setelah diisi lalu klik login. Setelah itu akan muncul dashboard aplikasi e-filing seperti terlihat di dashboard akun saya di bawah ini.

Dashboard e-Filing web

Setelah masuk ke dalam dashboard aplikasi e-filing maka kita tinggal memilih mau menyampaikan SPT Tahunan PPh OP 1770 S atau 1770 SS. Yap, untuk saat ini baru 2 SPT Tahunan tersebut yang dapat disampaikan melalui e-filing. Tips dari saya : lebih baik kita sudah mengisi terlebih dahulu SPT secara manual atau di SPT kertas.

One comment

  1. SAYA SDH DAFTAR TAPI MUNCUL TULISAN NPWP SDH TERDAFTAR TRS DIMANA MENCARINYA



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: