h1

Saat Pena Lebih Tajam dari Pedang

Juli 20, 2011

Apakah ini adalah pepatah atau bukan saya kurang tahu ? mungkin yang biasanya kita tahu adalah “Saat Lidah Lebih Tajam dari Pedang’.. Tapi saya baru merasakannya.. tepatnya bukan pena siy tapi keyboard komputer.. Ada teman yang tersinggung saat sedang berdiskusi di sebuah forum internet.. Hanya karena 1 kalimat yang saya ketik di layar komputer, ada teman yang merasa tersinggung..

Sekarang, saya jadi takut menulis di forum itu.. ya paling tidak saya batasi lah.. Sulitnya menulis itu karena ada bukti. Beda dengan percakapan lisan.Kadang-kadang kita tidak mempunyai maksud tertentu tapi ada orang lain yang tersinggung.

Jelas maksud saya sekedar bercanda sebagai seorang sahabat apalagi forum itu juga forum sahabat-sahabat saya. Maksud bercanda ternyata malah membuat teman terluka.. Hmm.. akhirnya saya cukup mengerti mengenai adanya kasus Prita yang mungkin tidak akan terjadi jika menggunakan kata-kata yang tidak terlalu menyinggung dan menggunakan kata-kata yang lebih halus untuk maksud yang sama.

Saya tidak mau berpanjang lebar lagi.. melalui blog saya ini saya juga menyampaikan maaf kepada teman saya tersebut apabila akhirnya kata-kata saya menyinggung dan melukai Anda. Dan saya kembali menyampaikan tidak ada maksud melukai Anda. Salah satu yang saya ingat juga bahwa ketika menafsirkan Undang-Undang salah satu pemahamannya adalah dengan menelusuri maksud dari si pembuat Undang-Undang.

Satu pelajaran yang saya petik dari sini adalah bahwa “Diam itu emas” apalagi di forum forum chitchat karena orang belum tentu paham benar dengan apa yang kita tulis. Dan terakhir saya mohon ampun pada Alloh karena kekhilafan saya..

One comment

  1. link forume lah😀



Tinggalkan Balasan

