h1

Gempa dan Hubungannya Antara Matahari Mengelilingi Bumi…

September 3, 2009

Setelah posting tulisan sebelum tulisan ini, tiba2 kursi saya goyang… Langsung saja saya berdiri.. Kemudian saya merasakan lantai ikut bergoyang.. Teman2 sekerja sayapun ikut merasakannya dan langsung mengambil kesimpulan semua ada.. “Gempa….” Saya dan teman2 pun segera menuju tangga darurat.. Dan dengan sepenuh daya dan upaya berusaha menuruni tiap anak tangga.. Yup dari Lantai 10.. Lumayanlah. sekitar 10 menit sudah berada di luar gedung.. Sesuatu yang mungkin tidak bisa dilakukan saat situasi normal..

Tulisan yang mo saya buat sebenarnya bukan mo mbahas situasi gempa kemarin.. Cuman saya teringat dengan salah satu postingan saya di blog friendster dahulu kala.. Yaitu membahas sebuah buku berjudul Matahari Mengelilingi Bumi..
buku
Saat itu tulisan saya berikut ini :

Matahari Mengelilingi Bumi

Mmm… pertama kali baca judul di atas mungkin banyak yang bakal protes… Saya saja pas tahu tentang ini saja nggak langsung percaya dan menerima dengan mentah-mentah. Bukannya dari kita sekolah bahkan mungkin sebelum sekolah, guru kita ngajarin bahwa matahari adalah pusat tata surya yang dikelilingi oleh planet-planet termasuk bumi pada garis edarnya (orbitnya). Saya pas bilang pada teman saya bahwa matahari itu mengelilingi bumi saja kemudian dia bilang supaya saya belajar ilmu fisika.

But it’s real… Matahari itulah yang mengelilingi bumi. Bumi itu diam (tidak bergerak). Bumi adalah pusat dari tata surya.. Masih nggak percaya juga ya ??? Kalau kemudian saya bilang bahwa ini merupakan pendapat dari Al Qur’an dan As Sunnah (Hadits) gimana ?? Penjelasan lengkapnya ada di buku berjudul MATAHARI MENGELILINGI BUMI Sebuah Kepastian al-Qur’an dan as-Sunnah serta Bantahan Terhadap Teori Bumi Mengelilingi Matahari buah pena Ahmad Sabiq bin Abdul Lathif Abu Yusuf.
outer_2
Di dalam buku tersebut dengan bagus dijelaskan mengenai dalil-dalil bahwa matahari mengelilingi bumi yang dibagi 3 bagian besar yaitu :
1. Dalil bahwa bumi diam dan tidak bergerak
2. Dalil bahwa matahari bergerak
3. Kesepakatan para ulama akan hal ini
Untuk lebih lengkapnya mendingan baca aja buku itu..

Kalau dipikir pakai akal betul lho.. kita liat sekarang ada gempa di jogja dan sekitarnya. Gempa itu kan akibat bumi bergerak. itupun baru sebentar sudah membuat banyak nyawa melayang. Coba kalau bumi itu bergerak tiap detik (sesuai dengan teori rotasi dan revolusi) berapa banyak nyawa yang melayang dan berapa banyak bangunan yang roboh.

Ah ternyata selama ini aku dibodohi oleh ilmuwan-ilmuwan.. hikss..

Kemudian beberapa komentar dari temen2 saya atas tulisan di atas adalah berikut ini :

From Wardhana
overall menarik…
tapi komentar “kita liat sekarang ada gempa di jogja dan sekitarnya. Gempa itu kan akibat bumi bergerak. itupun baru sebentar sudah membuat banyak nyawa melayang. Coba kalau bumi itu bergerak tiap detik (sesuai dengan teori rotasi dan revolusi) berapa banyak nyawa yang melayang dan berapa banyak bangunan yang roboh.”
agak kurang sreg deh..
bumi berotasi dan berevolusi itu tidak menyebabkan guncangan karena adanya gravitasi bumi.. dan rotasi dan revolusinya juga teratur karena adanya gravitasi matahari..

yahh. gitu aja siy.. anyway gak ngerti banyak juga tentang astronomi.. kekeke.. just my thought…

From arya
ada perbedaan menarik antara “sains” dan “agama” serta “rasio” dan “teologi”

From MaHaRsI
biar lebih jelasnya mending tanya aja astonot yg lagi ngorbit di atas sana…
ada teorema : wahyu di atas akal

Tanggapan saya sekarang :
Mmm.. masih bingung.. cuman saya percaya apapun klo itu memang ada sumbernya dari Al Qur’an dan As Sunnah..

5 komentar

  1. meskipun jadi membiaskan ilmu yang dah diterima slama ini, tapi klo dasarnya Al Quran ya knapa masih meragukan??
    pinjem bukunya donk.. tampak menarik!!


    • Yang dipinjam kemaren aja belum selesai dibaca kan.. Dah itu aja dulu.. yang lebih penting buat kita..😀


  2. Nug.. pinjem bukunya coba.. jadi penasaran…


  3. kalo bumi diam, namanya bumi yang sudah mati… hehehe… ga ada namanya kehidupan…

    Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam. (AL A’RAAF (Tempat tertinggi) ayat 54)

    menunjukkan bahwa bumi berotasi, menyebabkan siang malam, bukan menunjukkan matahari berevolusi mengelilingi bumi.

    Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya. (AL ANBIYAA’ (NABI-NABI) ayat 33).

    ini menunjukkan bahwa matahari berotasi dan memang itu terjadi, lalu pada dasarnya semua alam semesta mengembang dengan cepat.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: