h1

Cetak Formulir Bukti Potong 1721-A2 Pensiunan PNS/TNI-Polri bisa online

Februari 24, 2012

Tahun kemarin (2011)  ketika bapak saya mau menyampaikan SPT Tahunan PPh, beliau harus meminta dahulu bukti potong PPh Pasal 21 (1721-A2) ke Kantor PT. Taspen. Beliau harus datang ke kantor PT Taspen dan harus antri untuk mendapatkan bukti potong ini. Hmm.. sangat merepotkan bukan.

Alhamdulillah, tahun 2012 ini kerepotan itu tidak terjadi. Saat ini PT Taspen sudah menyediakan layanan cetak online dokumen formulir 1721 A2. Eitss ini kan untuk pensiunan PNS , lalu untuk pensiunan TNI/Polri bagaimana ? ternyata PT Asabri juga telah menyediakan layanan serupa.

Hmm. niy alamatnya :

1. Untuk pensiunan PNS bisa mengakses layanan cetak formulir 1721-A via http://e-klim.taspen.com/espt/

2. Untuk  pensiunan TNI/Polri bisa mengaksesnya via http://www.asabri.co.id/pajak.php.

Hmm. lalu gimana caranya ? berhubung bapak saya PNS maka saya coba menyampaikan langkah-langkah cetak Formulir 1721-A2 dari PT Taspen :

1. Buka http://e-klim.taspen.com/espt/  atau buka website PT Taspen 

2. Untuk yang membuka website  PT Taspen   klik menu cetak SPT Pajak Pensiun di bagian kiri.

3.  Setelah itu masukkan Nomor pensiun yang ada di kartu pensiun atau nomor NPWP sesuai pilihan yang anda inginkan.

4. Klik cetak form SPT

5. Formulir 1721-A2 sudah ditampilkan, Formulir dapat Anda cetak  dengan kertas ukuran F4 (215x330mm)

Setelah formulir tercetak, formulir ini Anda lampirkan pada SPT Tahunan PPh untuk dilaporkan di Kantor Pelayanan Pajak/Drop Box terdekat/via pos dan via efiling. Efling ?? yup sekarang ada efiling.. soal informasi efiling tunggu informasi selanjutnya di blog saya ini.

3 komentar

  1. kenapa saya tidak bisa buka formulir pajak…ada apa dengan data basenya.??


    • Jangan hanya dengan NPWP. Coba dengan nomor pensiun. Kalo dengan nomor pensiun harusnya bisa kecuali Anda bukan pensiunan PNS/TNI/Polri


  2. MENGAPA SAYA TIDAK BISA BUKA FORMULIR 1721-A2 UNTUK ISI SPT SUAMI SAYA PENSIUNAN PNS KARENA MEMANG SAYA TIDAK TAHU MONOR PENSIUN HANYA YANG SAYA TAHU NOMOR MPWP



Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

