h1

Larangan Melangkahi Kakak Perempuan Dalam Pernikahan

Juli 21, 2011

Mungkin sebagian rekan-rekan ada yang pernah mengalami melangkahi kakak perempuan atau malah dilangkahi adik yang menikah. Mmm.. Pada sebagian masyarakat, memang merupakan sesuatu yang tabu jika adik melangkahi kakaknya dalam pernikahan. Bahkan ada yang baru dibolehkan menikah setelah 1 tahun kakaknya menikah.

Beberapa masyarakat yang lain, mengatakan bahwa melangkahi kakak dalam pernikahan itu boleh-boleh saja, tetapi ada tradisi adat yang harus dilalui oleh sang kakak. Ada prosesi langkahan kabarnya.. tapi saya sendiri ndak terlalu tahu soal itu..

Dalam islam memang tidak ditemukan dalil yang melarang seorang adik melangkahi kakaknya dalam suatu pernikahan. Kalau kita melihat lebih jauh larangan itu hanya sebuah mitos yang berasal dari sebuah ketakutan orang tua jika adik melangkahi kakak, maka kakaknya bakalan jadi perawan tua atau sulit mendapat jodoh.

Pendapat saya ? Kalau di keluarga saya sendiri tidak ada larangan itu. Prinsip kami adalah bahwa jodoh sudah Allah yang mengatur. Mungkin memang seorang adik lebih dulu ditunjukkan siapa jodohnya dibanding kakaknya.

Sepupu-sepupu saya ada yang melangkahi kakak perempuannya. Dan akhirnya tidak lama kakaknya juga dilamar. So, mitos larangan itu saya menganggapnya salah.

Bukankah ada juga kejadian ketika adiknya mau menikah dilarang dan beberapa tahun kemudian kakaknya menikah dan setelah itu malah adiknya tidak laku-laku karena ketuaan.

Yang juga perlu diingat “usia kakak emang lebih tua dari adik. Kakak emang lahir duluan, Tapi jodoh itu ada yang atur. Gak mesti orang yang lahir duluan, mesti nikah duluan… Apa iya orang yang lahir duluan harus mati duluan?”

Tapi selanjutnya terserah Anda teman.. Tinggal bagaimana komunikasi dengan orang tua dan kakak Anda bila anda pada posisi Adik. Dan bila anda pada posisi kakak selalu ingat dalam hal ini keikhlasan dan kejiwabesaran dari Anda. Toh hal ini hanya masalah ‘image masyarakat’ yang perlu diluruskan, penilaian teman dan rekanan, gengsi, atau anggapan kalau dilangkahi menikah akan terjadi sesuatu hal (mitos), dan sejenisnya. Tidak lupa diberengi terus dengan melakukan usaha, berdo’a dan tawakkal dari pihak kakaknya agar cepat juga mendapatkan jodoh seperti yang dialami adiknya.

4 komentar

  1. sulit mengkomunikasikannya???


  2. terimakasih,…


  3. sekarang terjadi dalam keluarga ku, anak bibi saya punya tiga anak gadis ini pernikahaan pertama dalam keluarga yang mau dinikahkan anak ketiganya, otomatis anak yang pertama menolak keras,
    aku juga punya adik yg usianya tidak jauh dari aku,
    kalau aku percya ga percya ama yg gituaan karna aku yakin Allah telah mempersiapkan seseorang untuk aku,

    tapi sodaraku tidak punya pikiran yang sama dengan ku,
    aku harus bagaiman untuk memberitahunya,
    keluarga besar kami sudah sangat bingung.


  4. Ur blog, “Larangan Melangkahi Kakak Perempuan Dalam Pernikahan | dian respati site” was indeed well worth commenting down here in the comment section!
    Merely wished to say you did a terrific work. Thanks for the post
    ,Indira



Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

